•  (100%)
  •  (100%)
  •  (100%)
  •  (100%)
  •  (100%)
< =

PRODUK GAS NITROGEN INDUSTRI TERLENGKAP

0

PRODUK GAS NITROGEN INDUSTRI TERLENGKAP
Untuk pemesanan produk-produk Gas Industri di UMP Gas melalui Whatsapp - Klik disini : WHATSAPP

Ternyata Ini Jenis dan Manfaat Nitrogen Bagi Manusia

Nitrogen (N2)

Nitrogen (N2) adalah gas serba guna sejati diantara gas lainnya. Aplikasi Nitrogen didasarkan pada pemanfaatan dua karakteristik dasar, baik sendiri maupun secara bersama-sama rendahnya reaktivitas atau dinginnya Nitrogen dalam bentuk cairan kriogenik.

Nitrogen - Apa Itu dan Di mana Saja Ia Digunakan? Tahukah Anda, bagian terbesar dari udara yang kita hirup adalah nitrogen? Semua orang membutuhkan oksigen untuk bertahan hidup, namun faktanya udara terdiri dari 78% nitrogen, 21% oksigen dan sejumlah kecil gas lainnya. Meskipun tubuh manusia tidak menggunakannya, ternyata nitrogen sangat membantu dalam berbagai aplikasi industri. Sederhananya, ada sumber nitrogen yang tersedia dan tak terbatas,  yang memungkinkan Anda untuk mencapai kemurnian yang dibutuhkan di sebagian kecil dari biaya nitrogen tahunan Anda saat ini.

Nitrogen adalah unsur kimia dengan simbol N dan nomor atom 7. Ini pertama kali ditemukan dan diisolasi oleh dokter Skotlandia Daniel Rutherford pada tahun 1772.

Symbol                  : N
Atomic number      7
Atomic mass          14.0067 u
Electron configuration : [He] 2s22p3
Boiling point           : -195.8 °C
Electrons per shell : 2,5
Electronegativity    : 3.04

Apa itu nitrogen?

Pertama-tama ia adalah gas inert. Tidak berbau, tidak berwarna dan tidak menopang kehidupan, namun, penting untuk pertumbuhan tanaman dan merupakan tambahan utama dalam pupuk. Kegunaannya jauh di luar bidang perkebunan. Nitrogen biasanya muncul dalam bentuk cair atau gas (walaupun dimungkinkan untuk mendapatkan nitrogen secara padat juga). Nitrogen cair digunakan sebagai zat pendingin, yang mampu dengan cepat membekukan makanan dan subjek dalam penelitian medis, serta teknologi reproduksi. Untuk penjelasan kali ini, kami akan tetap fokus pada pembahasan gas nitrogen.

Nitrogen banyak digunakan, terutama, karena faktanya ia yang tidak bereaksi ketika terkena gas lain, tidak seperti oksigen yang sangat reaktif. Karena komposisi kimianya, atom nitrogen membutuhkan lebih banyak energi untuk dapat dipecah dan bereaksi dengan zat lain. Di sisi lain molekul oksigen lebih mudah pecah, oleh karena itu, membuat gas ini lebih reaktif. Gas nitrogen adalah kebalikannya, ia akan menyediakan lingkungan yang tidak reaktif jika diperlukan.

Kurangnya reaktivitas nitrogen adalah kualitas terbesarnya dan akibatnya gas ini digunakan untuk mencegah oksidasi lambat dan cepat. Industri elektronik menyajikan contoh yang sempurna dari penggunaannya, karena selama produksi papan sirkuit dan komponen kecil lainnya, oksidasi lambat dapat terjadi dalam bentuk korosi. Oksidasi lambat juga tidak asing bagi industri makanan dan minuman, di mana dalam hal ini, nitrogen digunakan untuk menggantikan atau mengganti udara agar menjaga produk tetap sempurna. Ledakan dan kebakaran adalah contoh dari oksidasi cepat, karena mereka perlu didorong oleh oksigen. Menghilangkan oksigen dari kapal dengan bantuan nitrogen, mengurangi kemungkinan terjadinya kecelakaan ini.

Jika sebuah aplikasi atau kegiatan membutuhkan penggunaan nitrogen, ada tiga cara utama untuk mendapatkan gas tersebut. Pertama adalah menyewa tangki nitrogen di tempat dan mengirimkan gas tersebut, yang kedua adalah meminta pengiriman gas nitrogen dalam botol bertekanan tinggi. Yang terakhir adalah menghasilkan nitrogen Anda sendiri menggunakan udara terkompresi. Membeli atau menyewakan nitrogen dapat menjadi sangat tidak nyaman, tidak efisien dan mahal, karena ada kebutuhan untuk berurusan dengan pemasok pihak ketiga. Karena alasan ini, banyak bisnis yang memilih untuk tidak menyewakan dan memutuskan untuk menghasilkan nitrogen sendiri, dengan kemampuan untuk mengontrol jumlah, kemurnian, dan tekanan untuk aplikasi yang diberikan. Manfaat tambahan termasuk harga yang stabil, tidak ada biaya transportasi atau keterlambatan, tidak ada bahaya yang terkait dengan penyimpanan kriogenik dan tidak ada limbah yang terkait dengan kerugian mendidih atau mengembalikan botol bertekanan tinggi yang tidak pernah dapat sepenuhnya dikosongkan.

Ada dua jenis generator nitrogen, generator nitrogen membran serta generator nitrogen PSA (Pressure Swing Adsorption), yang memungkinkan pencapaian kemurnian sangat tinggi 99,999% atau 10 PPM (parts per million) dan bahkan lebih tinggi. Pelajari lebih lanjut tentang yang terakhir di sini.

Nitrogen digunakan untuk apa?

Dalam bentuk cairan (dengan temperatur -196oC), Nitrogen dipergunakan sebagai media pendingin dengan beragam aplikasi. Sebagai contoh, Nitrogen digunakan untuk membekukan makanan, mendaur ulang material komposit, mengawetkan material biologi, sebagai pendingin dalam pengobatan rematik atau sebagai pendingin untuk cryosurgery, Nitrogen disebut juga “protective gas”, karena ia menggantikan Oksigen dalam udara yang dapat merusak atau bahkan berbahaya untuk banyak proses. Dalam bentuk gas, Nitrogen digunakan sebagai gas atmosfir termodifikasi, gas lindung oleh industri kimia, petrokimia dan agro industri, dan dipergunakan untuk pompa ban.

Nitrogen (N2) adalah gas serba guna sejati diantara gas lainnya. Aplikasi Nitrogen didasarkan pada pemanfaatan dua karakteristik dasar, baik sendiri maupun secara bersama-sama rendahnya reaktivitas atau dinginnya Nitrogen dalam bentuk cairan kriogenik.

Dalam bentuk cairan (dengan temperatur -196oC), Nitrogen dipergunakan sebagai media pendingin dengan beragam aplikasi. Sebagai contoh, Nitrogen digunakan untuk membekukan makanan, mendaur ulang material komposit, mengawetkan material biologi, sebagai pendingin dalam pengobatan rematik atau sebagai pendingin untuk cryosurgery, Nitrogen disebut juga “protective gas”, karena ia menggantikan Oksigen dalam udara yang dapat merusak atau bahkan berbahaya untuk banyak proses. Dalam bentuk gas, Nitrogen digunakan sebagai gas atmosfir termodifikasi, gas lindung oleh industri kimia, petrokimia dan agro industri, dan dipergunakan untuk pompa ban.

Metalurgi

Continuous casting, Blanketing, Inerting, Aluminum degassing, Copper base metals, Metalizing, Welding, Shrink fitting, Scrap metal treatment, Scrap cable recovery, Cryo forming, Quenching

Kimia dan Petrokimia

Drying, Blanketing, Machining, Dephasing, Freeze grinding, Debonding, Reforming fiber tiles, Plastic container disposal, Reforming plastic tubes, Used tyre disposal foaming, Sparging, Purging, Injecting, Nitrogen is used for blanketing storage tanks.

Listrik dan Elektronik

Purging and shielding, Nitrogen is used in lead-free soldering of the circuit boards or other very small components to prevent oxidation. Inerting with nitrogen improves the joint integrity.

Gelas (kaca) dan Lampu

Blanketing, Halogen lamp, Bulbs and tube

Medis

Cryo surgery, Cryobiology

 

Food & Beverages Packaging

Nitrogen is used at different stages in the production, handling and packing of beverages.

 

Fire Prevention

To start a fire flammable material is needed, together with an ignition source and oxygen.

Lain-Lain

Research, Tire filling, Purging pipe, Wire stripping, etc.

Makhluk hidup di Bumi ini membutuhkan oksigen untuk bernapas. Namun, ternyata tidak hanya senyawa ini yang sangat penting, tetapi juga nitrogen. Udara yang kita hirup ini, sekitar 78 persen adalah nitrogen yang masuk ke dalam tubuh setiap kali bernapas.  Tahukah Anda, bahwa ternyata nitrogen sama pentingnya seperti oksigen bagi kesehatan manusia, bahkan seluruh makhluk hidup, baik hewan maupun tumbuhan.

Nitrogen adalah nutrisi penting yang diperlukan semua makhluk hidup, karena nitrogen merupakan bagian utama dari asam amino. Asam amino merupakan bahan penyusun protein dan asam nukleat seperti DNA, yang mentransfer informasi genetik ke generasi selanjutnya.

Nitrogen adalah suatu unsur kimia dalam tabel periodik yang memiliki lambang N dan nomor atom 7. Unsur yang juga disebut sebagai zat lemas ini pertama kali ditemukan dan diisolasi oleh dokter berkebangsaan Skotlandia Daniel Rutherford pada tahun 1772. Meskipun Carl Wilhelm Scheele dan Henry Cavendish secara terpisah telah melakukan hal yang sama di kisaran waktu yang sama pula, Rutherford secara umum sesuai untuk menerima penghargaan tersebut karena karyanya dipublikasikan pertama kali. Nama nitrogen diusulkan oleh Jean-Antoine-Claude Chaptal pada tahun 1790, ketika ia menemukan bahwa nitrogen hadir dalam asam nitrat dan nitrat; nama ini diturunkan dari bahasa Yunani: νἰτρον "nitre" dan -γεννᾶν "membentuk". Antoine Lavoisier malah mengusulkan nama azote, dari bahasa Yunani άζωτικός "tak hidup", karena unsur itu termasuk gas asfiksia; nama usulan Lavoisier malah digunakan di banyak bahasa, seperti Prancis, Rusia, dan Turki, dan muncul dalam dua nama bahasa Inggris untuk beberapa senyawa nitrogen seperti hidrazin, azida dan azo.

Nitrogen adalah anggota paling ringan dari golongan 15 tabel periodik, sering kali disebut pniktogen. Nama tersebut berasal dari bahasa Yuniani πνίγειν "tersedak", merujuk langsung kepada sifat asfiksiasi nitrogen. Nitrogen adalah unsur umum dalam alam semesta, diperkirakan berada pada urutan ke-7 total kelimpahan dalam galaksi Bima Sakti dan Tata Surya. Pada suhu dan tekanan standar, dua atom unsur ini berikatan membentuk dinitrogen, suatu gas diatomik yang tak berwarna dan tak berbau, dengan rumus kimia N2. Dinitrogen membentuk sekitar 78% atmosfer bumi, membuatnya sebagai unsur mandiri yang paling melimpah. Nitrogen terdapat dalam semua organisme, terutama dalam asam amino (dan juga protein tentunya), dalam asam nukleat (DNA dan RNA) serta dalam molekul pemindah energi adenosin trifosfat (ATP). Tubuh manusia mengandung sekitar 3% nitrogen (berdasarkan massa), dan merupakan unsur paling melimpah ke-4 di dalam tubuh setelah oksigen, karbon, dan hidrogen. Siklus nitrogen menjelaskan pergerakan unsur dari udara, memasuki biosfer dan senyawa organik, kemudian kembali ke atmosfer.

Banyak senyawa yang penting untuk industri, seperti amonia, asam nitrat, nitrat organik (propelan dan bahan peledak), serta sianida, mengandung nitrogen. Ikatan rangkap tiga yang sangat kuat dalam nitrogen elementer (N≡N), ikatan paling kuat kedua dalam molekul diatomik setelah karbon monoksida (CO),mendominasi kimia nitrogen. Hal ini menyebabkan kesulitan untuk baik organisme maupun industri dalam mengubah N2 menjadi senyawa yang bermanfaat, tetapi di saat yang sama, membakar, meledakkan, atau menguraikan senyawa nitrogen untuk membentuk gas nitrogen akan melepaskan energi dalam jumlah besar yang sering kali bemanfaat. Amonia dan nitrat sintetis adalah pupuk industri utama, dan pupuk nitrat adalah polutan utama dalam eutrofikasi sistem air.

Terlepas dari penggunaannya sebagai pupuk dan penyimpan energi, nitrogen adalah konstituen beragam senyawa organik seperti Kevlar yang digunakan dalam kain berkekuatan tinggi dan sianoakrilat yang digunakan dalam superglue. Nitrogen adalah konstituen dari semua kelas obat farmakologi utama, termasuk antibiotika. Banyak obat atau prodrug meniru molekul sinyal alami yang mengandung nitrogen: contohnya, nitrat organik nitrogliserin dan nitroprusida mengendalikan tekanan darah dengan memetabolisme menjadi dinitrogen monoksida. Banyak obat penting yang mengandung nitrogen, seperti kafeina dan morfin alami atau amfetamin sintetis, bertindak selaku reseptor neurotransmiter hewan.

HUBUNGI TEAM MARKETING KAMI: 

Email : marketing.umpgas@gmail.com

WA     : 08111330900

Untuk pemesanan produk-produk PT. Usaha Mulia Perkasa seperti OXYGEN (O2)NITROGEN (N2)ARGON (Ar)ACETYLENE (C2H2)AMMONIA (NH3)NITROUS-OXIDE (N2O)CARBON DIOXIDE (CO2)HELIUM (He)PROPANE dan HIDROGEN (H2) segera hubungi PT. Usaha Mulia Perkasa.

Untuk pemesanan produk-produk Gas Industri di UMP Gas melalui Whatsapp - Klik disini : WHATSAPP

 

Related Products

Customer Services

Tentang Kami

© 2022  PT. Usaha Mulia Perkasa

Office:

Ruko Taman Harapan Baru Blok B1 No. 39 Pejuang, Medan Satria, Bekasi, Jawa Barat

No. HP/WA : 08111330900

Telp. (021) 88870598 Fax. (021) 88870597

Email: marketing.umpgas@gmail.com