• PENGELASAN ARGON TERLENGKAP (100%)

    PENGELASAN ARGON TERLENGKAP

  • PENGELASAN ARGON TERLENGKAP (100%)

    PENGELASAN ARGON TERLENGKAP

  • PENGELASAN ARGON TERLENGKAP (100%)

    PENGELASAN ARGON TERLENGKAP

  • PENGELASAN ARGON TERLENGKAP (100%)

    PENGELASAN ARGON TERLENGKAP

  • PENGELASAN ARGON TERLENGKAP (100%)

    PENGELASAN ARGON TERLENGKAP

  • PENGELASAN ARGON TERLENGKAP
  • PENGELASAN ARGON TERLENGKAP
  • PENGELASAN ARGON TERLENGKAP
  • PENGELASAN ARGON TERLENGKAP
  • PENGELASAN ARGON TERLENGKAP
< =

PENGELASAN ARGON TERLENGKAP

0

PENGELASAN ARGON TERLENGKAP
Untuk pemesanan produk-produk Gas Industri di UMP Gas melalui Whatsapp - Klik disini : WHATSAPP
Apa itu Gas Argon? Apa itu Las Argon?

Argon (Ar) bersifat dua setengah kali lebih mudah larut dalam air dibandingkan Nitrogen dan memiliki kelarutan mirip Oksigen. Argon digunakan dalam bola lampu listrik dan juga digunakan sebagai gas pelindung inert untuk arc welding dan cutting, sebagai gas pelindung untuk produksi Titanium dan unsur reaktif lainnya, dan sebagai atmosfer pelindung untuk menumbuhkan silikon dan kristal Germanium. Argon tidak berwarna dan tidak berbau, baik dalam bentuk gas maupun cairan. Argon dipandang sebagai gas yang lebih inert dibandingkan dengan Nitrogen. Kami memasok Argon dalam bentuk gas dan cairan untuk industry.

Salah satu proses las yang cukup populer di kalangan masyarakat awam adalah las argon. Las argon banyak dikenal masyarakat sebagai pengelasan yang berbahaya bagi kesehatan tetapi memiliki upah yang cukup tinggi. Sebenarnya apa sih las argon? Nama las argon berasal dari kata “Argon” yang merupakan sebuah unsur golongan gas mulia yang memiliki nama yang sama dengan lambang Ar. Disebut las argon karena pengelasan yang dimaksud melibatkan unsur Argon dalam prosesnya.

Argon sendiri dalam pengelasan berfungsi sebagai gas pelindung (shielding gas), karena sifatnya yang mulia (inert) sehingga gas tersebut tidak bereaksi dengan lingkungan sekitarnya. Sifat tersebut menjadikan gas Argon sebagai pelindung yang cukup ideal saat proses pengelasan.

Argon adalah unsur kimia dengan simbol Ar dan nomor atom 18. Ia berada pada golongan 18 tabel periodik dan merupakan gas mulia.

Simbol: Ar

Konfigurasi elektron: [Ne] 3s²3p⁶

Nomor atom: 18

Massa atom: 39,948 u

Elektron per kelopak: 2,8,8

Titik didih: -185,8°C

Penemu: Sir William Ramsay, John William Strutt, 3rd Baron Rayleigh 

Apa kegunaan gas argon?

Argon digunakan dalam bola lampu listrik dan juga digunakan sebagai gas lindung inert untuk arc welding dan cutting, sebagai gas lindung untuk produksi Titanium dan unsur reaktif lainnya, dan sebagai atmosifr pelindung untuk menumbuhkan silikon dan kristal Germanium.

Apakah gas argon berbahaya?

Meskipun argon tidak beracun, tetapi ia 38% lebih rapat daripada udara dan oleh karenanya dianggap sebagai gas asfiksia berbahaya dalam ruang tertutup. Argon juga sulit didedeteksi karena sifatnya yang tak berwarna, tak berbau, dan tak berasa.

Berapa harga tabung gas argon?

Untuk informasi harga Gas Argon, hubungi team marketing kami :

Telpon                                     : (021) – 88870598

Mobile/Whatsapp                     : 08111330900

Email                                      : marketing.umpgas@gmail.com

PT. Usaha Mulia Perkasa, Jual Gas Argon Terbaik - Harga Murah

Apakah gas argon mudah terbakar?

Penggunaan gas argon di antara panel pada unit glasir ganda tersegel secara signifikan meningkatkan sifat termal unit itu dibanding menggunakan udara kering. Argon adalah gas inert, jadi tidak reaktif, tidak berwarna, dan tidak mudah terbakar.

Apa kegunaan argon dalam kehidupan sehari hari?

ARGON (Ar) digunakan dalam bola lampu listrik dan juga digunakan sebagai gas pelindung inert untuk arc welding dan cutting, sebagai gas pelindung untuk produksi Titanium dan unsur reaktif lainnya, dan sebagai atmosfer pelindung untuk menumbuhkan silikon dan kristal Germanium.

Gas argon memiliki banyak sekali fungsi salah satunya pada industri yang membutuhkan pengelasan sebagai tahap produksinya. Argon bisa dijadikan sebagai bahan dasar las GMAW, hasil dari las argon juga sangat bagus. Bahkan disinyalir harga untuk memakai las argon lebih mahal daripada jenis las lainnya.

  •  Aeronautics

Argon digunakan dalam pekerjaan pengelasan dan perlakuan panas serta sebagai atmosfer pelindung.

  • Otomotif

Argon digunakan murni atau dalam campuran untuk pengelasan busur, plasma dan laser. Argon melindungi pengelasan terhadap udara serta mengurangi emisi asap untuk sebagian besar proses pengelasan busur. Argon digunakan untuk mengembang airbag mobil.

  • Minuman

Argon digunakan untuk menahan anggur untuk mencegah oksidasi selama pembuatan anggur.

  • Fabrikasi Metal

Argon digunakan untuk melindungi logam cair dari reaksi dengan senyawa yang ada di udara sekitar, seperti oksigen. Itu juga digunakan untuk alasan yang sama dalam banyak proses pengelasan.

  • Makanan

Argon memungkinkan untuk memperpanjang umur simpan makanan dengan atmosfer yang dimodifikasi.

  • Industri Kaca

Argon menghindari korosi pada filamen tungsten pada bohlam dan akibatnya menghitam dari bohlam dengan inerting atmosfer. Argon digunakan untuk meningkatkan kinerja isolasi termal jendela kaca ganda.

  • Perawatan Medis / Kesehatan

Alat medis: argon cair digunakan untuk cryoablasi dalam pembedahan; yaitu jaringan dihancurkan melalui dingin yang intens. Argon juga digunakan dalam argon plasma coagulation (APC), prosedur endoskopi medis yang digunakan terutama untuk mengendalikan perdarahan.

  • Laboratorium & Riset

Argon digunakan untuk analisis dan kontrol kualitas untuk industri dan rumah sakit: gas plasma untuk spektrometri emisi plasma, gas selimut dalam spektrometri serapan atom grafit tungku, gas pembawa dalam kromatografi gas untuk berbagai detektor. Dalam campuran dengan metana, argon digunakan dalam penghitung Geiger dan dalam detektor fluoresensi sinar-X sebagai gas pendinginan.

  • Metal

Argon digunakan untuk tujuan pengadukan dan inerting dalam pembuatan baja dan selama operasi Argon Oxygen Decarburisation (AOD) untuk stainless steel.

  • Komponen Elektronik

Argon digunakan untuk membawa molekul reaktif ke area reaksi, melindungi semikonduktor terhadap pengotor, memberikan atmosfer lembam untuk menumbuhkan kristal silikon dan germanium. Argon juga melakukan intervensi dalam keadaan ionik untuk proses sputtering, implantasi ion, proses anil dan etsa dalam semikonduktor atau pembuatan bahan berkinerja tinggi. Ini memudahkan pembentukan keadaan ionik di dalam area reaksi. Ini juga digunakan untuk membawa campuran molekul ke rasio campuran yang diberikan.

Pengelasan Argon

Aplikasi gas Argon adalah pada pengelasan MIG (Metal Inert Gas) dan TIG (Tungsten Inert Gas). Namun kebanyakan yang dimaksud masyarakat awam sendiri saat menyebut las argon adalah pengelasan TIG.

Untuk memulai mengerjakan sebuah pekerjaan pengelasan TIG dibutuhkan beberapa peralatan. Peralatan yang perlu dipersiapkan sedikit lebih banyak dari pada peralatan las listrik pada umumnya. Apabila kita membandingkan pengelasan stik (SMAW) dengan pengelasan argon, maka akan sangat terlihat perbedaannya.

Dimana kesamaan keduanya hanya pada trafo las, kebanyakan trafo las yang beredar di pasaran dapat digunakan sebagai trafo las SMAW dan GTAW. Selain itu tidak ada lagi kesamaan lain ditinjau dari peralatan yang dibutuhkan. Peralatan GTAW diantara lain sebagai berikut:

  1. Power Source.

Power Source merupakan sumber energi yang digunakan untuk menyalakan busur listrik pengelasan GTAW. Listrik yang berasal dari stop kontak dirubah oleh rangkaian transformer step up pada power source sehingga memiliki tegangan dan arus listrik yang cukup tinggi untuk digunakan mengelas. Output dari mesin las bisa bermacam – macam tergantung dari tipenya.

Mesin las bisa menghasilkan listrik arus searah (Direct Current), arus bolak – balik (Alternating Current), ataupun keduanya dengan hanya menekan tombol pada mesin las untuk mengganti jenis arus keluarannya. Khusus pada mesin las GTAW, ada beberapa fungsi tambahan seperti untuk regulator gas shielding dan kendali pada control pedal.

  1. Inert Gas Supply.

Inert Gas Supply adalah tabung silinder yang berisi gas mulia (inert) yang digunakan untuk mensuplai kebutuhan gas pelindung kawat las. Tabung gas yang digunakan memiliki kapasitas beragam, mulai dari 1 m3 hingga 10 m3. Pada umumnya proses las GTAW memang menggunakan gas mulia argon. Akan tetapi gas mulia helium juga banyak digunakan apabila argon terlalu langka untuk digunakan.

Pada beberapa kasus pengelasan GTAW juga menggunakan jenis gas aktif seperti karbon dioksida (CO2) pada pengelasannya. Gas mulia yang biasa digunakan memiliki beberapa tingkatan kemurnian, yang paling umum adalah welding grade atau industrial grade, dengan standar kemurnian yang cukup. High purity grade memiliki kemurnian lebih tinggi dari industrial grade dan ultra-high purity memiliki tingkat kemurnian 99.99% menjadikannya memiliki tingkatan tertinggi dalam hal kemurnian.

  1. Flowmeter dan Regulator.

Flowmeter dan Regulator adalah bagian yang berfungsi untuk mengatur laju aliran gas dari silinder suplai. Selain katup buka tutup yang ada pada tabung suplai, regulator juga memiliki katup untuk mengatur tekanan kerja gas pelindung. Regulator juga dilengkapi dengan dua indikator yang masing – masing berfungsi untuk mengetahui tekanan kerja gas serta volume gas yang tersisa.

Masih menjadi satu rangkaian terdapat flowmeter yang berfungsi untuk mengatur laju debit aliran gas. Untuk menentukan laju debit aliran gas sendiri tergantung pada jenis gas, posisi pengelasan, dan kondisi sekitar pekerjaan pengelasan berangin atau tidak. Beberapa jenis regulator, khususnya pada regulator gas CO2, dilengkapi dengan pemanas yang berfungsi untuk mencegah terbentuknya uap air akibat reaksi dengan udara di sekitarnya.

  1. Cooling Water.

Cooling Water berfungsi untuk mendinginkan torch agar tidak terlampau panas akibat pekerjaan las yang terus menerus. Karena pengelasan GTAW biasanya dilakukan secara terus menerus dengan panas yang dihasilkan oleh busur listrik bisa mencapai 3.000 derajat C sehingga untuk mengurangi kerusakan pada torch beberapa model torch dilengkapi dengan mekanisme pendinginan.

Untuk torch yang bermodel self-insulated atau air-insulated pendinginan berasal dari aliran udara dan gas pelindung. Tetapi untuk model water-insulated ada selang insulasi khusus yang masuk pada torch handle. Selang tersebut berfungsi untuk mensirkulasikan air agar panas pada torch bisa terdistribusikan melalui air yang mengalir tersebut.

  1. Foot Pedal Fine Control.

Foot Pedal Fine Control adalah suatu alat yang berfungsi untuk mengatur besar kecilnya arus yang digunakan pada saat pengelasan sedang berlangsung. Khusus pada pengelasan GTAW yang memang cenderung rumit, alat ini memiliki banyak kegunaan, seperti untuk membantu menyalakan busur listrik tanpa perlu melakukan kontak antara elektroda dengan logam induk dan untuk mencegah crater crack dengan mematikan busur listrik secara bertahap.

Selain itu, untuk mencegah terjadinya cacat burn through dan lack of fusion biasanya welder akan memanfaatkan fungsi dari pedal ini.

  1. Welding Torch.

Welding Torch adalah bagian yang dikendalikan oleh welder pada saat pekerjaan pengelasan berlangsung. Torch khususnya untuk GTAW memiliki bagian yang cukup rumit jika dibandingkan proses lainnya yang cenderung lebih sederhana. Di bagian belakang, ada beberapa mekanisme inlet dan outlet.

Seperti electrode cable yang membawa arus listrik dari mesin las, gas hose yang merupakan selang gas pelindung, water inlet and outlet hose yang berfungsi mensirkulasikan air untuk pendingin torch pada water-insulated torch.

Cara pemesanan Gas Argon

Untuk informasi harga Gas Argon, hubungi team marketing kami :

Telpon                                   : (021) – 88870598

Mobile/Whatsapp                : 08111330900

Email                                      : marketing.umpgas@gmail.com

PT. Usaha Mulia Perkasa, Jual Gas Argon Terbaik - Harga Murah

 

 


Related Products

Customer Services

Tentang Kami

© 2022  PT. Usaha Mulia Perkasa

Office:

Ruko Taman Harapan Baru Blok B1 No. 39 Pejuang, Medan Satria, Bekasi, Jawa Barat

No. HP/WA : 08111330900

Telp. (021) 88870598 Fax. (021) 88870597

Email: marketing.umpgas@gmail.com